chatting

Chatting atau mengobrol artinya kita bisa berkomunikasi dengan seseorang saat itu juga atau disebut .Pesan yang dikirim akan langsung diterima dan langsung dibalas. Chatting berbeda dengan e-mail, jika chatting, kita dan lawan komunikasi harus sama-sama terhubung ke internet.
Orang yang melakukan chatting disebut Chatter. Chatting adalah kegiatan yang mengasyikan karena kita dapat berkomunikasi dengan orang yang jauh secara cepat dan biaya murah.Kita dapat bertemu orang dari negara manapun, siapa pun, kapan pun dan dimanapun. Kita bisa berkomunikasi dengan keluarga yang jauh jika terlalu mahal menggunakan telpon dan tentunya lebih mengasyikkan serta tidak perlu khawatir untuk berchatting dalam waktu lama, karena biaya yang dikeluarkan tentunya lebih murah daripada telpon.
Untuk bisa chatting, kita perlu terkoneksi ke internet. Beberapa website penyedia layanan chatting adalah mIRC, Pirch, Virc, Yahoo Masanger, boleh.com, plasa.com dan sebagainya.
Dlam chatting, kiat perlu menunjukkan emosi kita pada lawan bicara. Untuk menunjukan emosi saat chatting dengan lawan bicara, kita perlu menggunakan simbol-simbol. Simbol-simbol emosi itu juga sering disebut simbol-simbol emoticon . Berikut ini adalah simbol-simbol yang umum digunakan:
Simbol
Arti
Simbol
Arti
🙂
Senang
😛
Mengejek,menjulurkan lidah
:-)8
Sangat senang
😦
sedih
:-}
Senyum lebar
:`-(
Menangis
🙂
Senyum
😐 |
marah
😦
cemberut
>-:-
Baik hati
%-6
Mati kutu
()
Peluk
%*@:-C
Komputer hang
😮
terkejut
:-
Cowok
😐
Hmmm
>-
Cewek
(-:P
Memakai topi
<
Ikan teri
Terkadang kita tidak tahu maksud dari setiap simbol, untuk itu, kita bisa bertanya kepada lawan bicara kita dengan cara mengirim kembali simbol yang ia kirim. Misalnya lawan bicara mengirim simbol :`-( dan kita tidak tahu artinya, kita bisa mengirim balasan :`-(? lalu teman chatting kita akan menerangkannya. Tetapi kita juga harus menjaga diri kita agar tidak terlalu berlebihan menggunakan simbol-simbol emosi itu . Bila kita chatting menggunakan Yahoo Masangar, kita tidak perlu mwnghafalkan simbol-simbol chatting, karena telah disediakan simbol-simbol yang bebas dipilih.
Selain simbol-simbol, dalam chatting kita juga biasa menemui singkatan-singkatan. Agar komunikasi kita lancar, kita perlu memahami arti singkatan-singkatan itu. Berikut adalh cintoh singkatan-singkatan:
Singkatan
Arti
wb
Welcome Back (selamat datang kembali)
asap
As soon as posible (sesegera mungkin)
imo
In my opinion (menurut pendapat saya)
jk
Just kidding (hanay becanda)
brb
Be right back (segera kembali)
cul
See you later (sampai jumpa lagi)
cu
See you (sampai jumpa)
oic
Oh I see (ya, saya mengerti)
thx/thax
Thanks (terima kasih)
btw
By the way (ngomong-ngomong)
gtg
Got to got (saya harus pergi)
asl
Age/ sex/ location (umur/ jenis kelamin/ lokasi)
pls
Please ( tolong, silakan)
gpp
Nggak apa-apa
co
Cowok
ce
Cewek
Np, nop
No problem (tidak masalah)
b4
Before (sebelumnya)
dc
Disconned (proses chatting terputus)

Adab chating
Jika kita berchatting, perlu diperhatikan etika-etika dalam chating, yaitu:
1.Gunakan bahasa yang tepat dan sopan
2.Jangan terlalu menggunakan lambang emosi secara berlebihan
3.Jangan menyinggung perasaan orang lain
4.Kurangi penggunaan huruf besar jika tidak diperlukan
5.Tuliskan hal yang memang diperlukan saja
6.Saat chatting, perhatikan waktu yang telah dihabiskan untuk chatting

Mengenal Laos

  1. Mengenal Laos

    Laos Merupakan Salah satu negara di kawasan Asia Tenggara,sehingga masuk dalam salah satu negara ASEAN. Laos juga merupakan salah satu negara ASEAN yang tidak memilki laut. Laos memilki nama asli Sathanat Paxaithapatai Paxaxon Lao. Sebagian besar pendududuknya merupakan suku Bangsa Thai yang bermigrasi ke Laos dari Cina Selatan pada abad 8 M. Abad ke-15, Fa Ngum mendirikan kerajaan Laos. Lalu Lang Xang menguasai Laos hingga 1713 yang akhirnya terpecah menjadi kerajaan Vientiane, Champassak, dan Luang Parabang.

Luas Laos hampir dua kali luas Jawa. Suku asli Laos adalah bangsa Thai. Saat ini Laos jika didatakan adalah negara terbalakang ke-10 dunia . Hal ini disebabkan 72% penduduknya masih buta huruf. Angka kelahiran bayinya juga cukup tinggi karena pemerintah menghentikan program Kb pada tahun 1976.

  1. Bentang Alam Laos

Laos memilki luas 236.804 kilometer persegi atau 2/3nya Pulau Sumatra. Penduduk Laos adalah 5,6 juta jiwa(2002). Kepadatan penduduknya 24 jiwa/km persegi.

Laos merupakan negara bergunung-gunung. Daerah pertanian berada di sekitar Sungai Mekong. Laos dikunci oleh lima negara tetangganya dan tidak memilki batas laut. Pegunungan Chaine Annamitique dengan ketinggian 1.600-2.500 meter menjadi batas alam yang nyata denagn Vietnam. Ibukota Laos,Vientiane, berada di utara Sungai Mekong.

  1. Musim, Iklim, dan Sumber Daya

    Laos beriklim subekuatorial. Curah hujan di dataran rendah 1.500-1.700 mm. Di pegunungan bahkan mencapai 3.000mm.

    Hasil tambang Laos antara lain: batu bara, minyak,emas, gips, tembaga, belerang,bijih besi,dan timbale.

    Hasil tani Laos antara lain: beras, jagung, tembakau,katun, opium, jeruk,dan kopi.

    4. Penduduknya

    Suku asli Laos adalah suku Thai,setengah pendududknya adalah kelompok etnik yang merupakan Bangsa Lao. Jumlah penduduknya 5,6 juta. Anka harapan hidup di Laos hanya sampai 45 tahun.

    Terdapat 4 kelompok bahasa: Lao-lu, Lao-Thai, Lao-Theng, dan Lao-Sung. 90% pendududknya beragam Buddha Theredara. Laos dijajah Prancis tahun 1893 hingga perang dunia II. Kemudian direbut Jepang. Setelah Jepang kalah perang dunia,Prancis kembali sampai Laos merdeka tahun 1945, namun terjadi perang saudara tahun 1962-1975.

5. Profil Negara

Nama Asli : Shakthanat Paxathipatai Paxaxon Lao

Ibukota :Vientiane

Luas Wilayah : 286.800 Kilometer persegi

Kepala Negara : Khamtay Siphandon (1998)

Kepala Pemerintahan : Boungnang Vorachim (1998)

Jumlah provinsi : 13

penduduk : 5.635.967 (2002)

Bahasa : Laos (resmi), palangwa, Thai

Lagu Kebangsaan : Sad Lao Thang Te deum Ma`kun Sulu Sa You Nei Asie

Mata Uang : Kip

Hari Besar : 19 Juli 1949 (merdeka)

Bekas Penjajah : Prancis

Bapak Bangsa : Sauphanouvong

Sumber Alam : Timah, kayu

haruskah takluk pada cerutu raksasa

Suara adzan mencairkan kesunyian malam. Seorang bocah mengenakan pakaian koko putihnya. Sampah-sampah daun, plastik, dan sedotan memenuhi ruas jalan karena semalam hujan. Bocah berkulit hitam dengan luka di atas alis dan rambut sedikit berdiri beberapa menit sambil menyandar pada depan pintu rumah tetangganya. Sesaat kemudian pintu itu dibuka dan bocah itu nyaris jatuh. Seorang anak tinggi kurus memakai baju koko hijau muda keluar. Ia sepertinya seumuran dengan bocah yang pertama.

Mereka pergi menuju arah datangnya adzan bersama-sama. Keduanya sama-sama tidak memakai sandal. Mereka menelusuri sawah, gang-gang, hingga sampai masjid. Merak menyaksikan langsung bulan berbentuk bulat pepat, rasi bintang layang-layang di langit selatan, dan menyaksokan langsung perubahan warna langit dari biru tua kehitaman menjadi biru muda kehitaman.

Seusai ibadah, mereka lantas berburu laron di pagi itu. Beberapa jam kemudian mereka bersiap ke sekolah tanpa bersepatu, tanpa berseragam. Di perjalanan mereka menyapa guru mereka yang juga ke sekolah dengan sepeda onthel.

“Purnomo, Riawan, ikut bapak yuk,” Pak guru itu memberi tumpangan pada kedua bocah lugu ini. Udara masih segar, masih aman masuk paru-paru. Tanaman masih lebat di kebon-kebon. Mulai dari pohon pinus, jati, pisang dan sebagainya. Hari itu mereka belajar menanam pohin di pekarangan belakang sekolah. Mereka sudah biasa mandi lumpur, maklumlah, ayah mereka petani, hanya Riawan yang ayahnya bekerja sebagai pengrajin gerabah.

Orang-orang berdasi itu sibuk mengulur dan menarik meteran kuning agak karatan. Merka menunjuj-nunjuk arah yang mereka inginkan. Berkali-kali mereka membuka gulungan bergambar sketsa bangunan yang mungkin akan menjadi bangunan terbesar di dusun itu. Sesekali orang-orang asing itu tertawa yang menyatakan keramahan. Mereka mengetuk dan menendang-nendang pohon-pohon. Salah seorang dari mereka, seseotang yang beramata sipit, berkulit putih, berkacamata dengan memakai hem lengan panjang mengeluarkan ponselnya, tetapi ia memasukkannya lagi.

“Baik kita mulai bulan depan,” Ujar orang itu. Mereka lalu saling berjabat tangan

Sebulan kemudian warga resah , bunyi motor yang berteriak semakin menjadi-jadi. Ditambah denagn tangan dan sekop raksasa milik traktor yang mambolak-balik tanah berwarna merah kecoklatan. Kayu ditanam dan saling dihibungkan dengan benang kenur. Bahkan wilayah itu kini ditutup swnga berwarana perak. Orang-orang mengintip dari lubang1x1 cm pada seng. Lubang yang digunakan untuk mengikat setiap seng dengan kawat karatan. Pohon-pohon kelapa jatuh terkena imbas dari gaya grafitasi setelah tubuhnya di potong. Buahnya pecah, keluar air.

Setahun kemudian tenpat itu menjelma manjadi sebuah pabrik. Lahan yang dulu milik bersama dimana pohon pinus dan jati bersemayam, tempat anak-anak mencari buah talok dan sukun kini telah menjadi pabrik batik, tulisan “Batik Radita” dicat dengan jelas pada papan berbahan alumuniun. Dilengkapi setidaknaya enam cerobong asap bercorak lurik putih oranye dengan diameter sekitar dua meter dan senantiasa mewarnai langit biru denagn warna hitam , mirip ceritu raksasa. Dalam jangka waktu hanya sepuluh tahun, tak kurang dari sembilan puluh pabrik dan perkantoran beradu ketinggian bangunan.

Dari gardunya, sambil beristiraqhat sejenak, Pak Purnomo menceritakan kejadian empat puluh tahun lalu kepada putranya. Sembari meminum teh pahit dan jadah blondo kesukaannya, ia bercerita.

Le, desa kita dah beda banget sama dulu. Sekarang desa kita ini dah jadi kota. Dulu waktu bapak masih seumuranmu itu, bapak di situ dulu disuruh metik buah duwet buat obat, Sekarang tempat itu udah jadi pabrik mebel. Kalau di gedung biru itu, yang di atasnya ada parabola itu, dulu tempat bapak sekolah, sama temen bapak, Riawan namanya. Dulu di belakang sekolah banyak pohon-pohon. Itu dulu bapak yang menanam waktu kelas empat. Ya, bapak juga nggak tahu kok pada suka bikin pabrik di tempat yang masih banyak sawahnya ini,”Begitu kenangnya mengenai desananya dulu. Tetapi kini pabrik-pabrik dan gedung-gedung berkompetisi menghasilkan asap dan polusi.

Limbah berwarna hijau berbusa bersenyawa denagn air irigasi dan aromanya sukses membuat hidung peka dan mual-mual. Dalam ekosistem, jelas cairan hijau itu merusak unsur abiotik, yaitu air. Air itu kelak akan digunakan untuk membasahi sawah. Disini hukum alam berlaku, jika unsur abiotiknya kacau,maka unsur biotiknya turut kacau. Ratusan hektar sawah yang menjadi pusat kehidupan warag kini gagal panen total.

Tahun itu produksi beras menurun signifikan. Pak Purnomo hari itu memanggul berasnya ke KUD.

“Pak, berasnya cuma dikit, air irigasinya dah tercemar limbah pabrik. Padahal waktu saya masih kecil, bapak saya dulu kalau panen banyak banget. Sekarang ya, gara-gara limbah pabrik, produksi menurun,” Pak Purnomo lagi-lagi mengenang masa lalu sambil melepas capingnya. Bekas luka di atas alisnya saat masih kecil telah sirna.

“Ya, kondisi dah berubah, pohon-pohon dah di sasak habis. Anakkku yang lulus SMK itu katanya mau ngalamr di pabrik plastik yang di deket perempatan itu, ya nggak aku bolehin, bikin plastik itukan asapnya banyak, bikin desa makin ngeri. Udah pohon ilang, dibonusin asep item lagi, ya udah, tak suruh dia kerja bengkel aja,” Penjaga KUD itu menimpali ucapan Pak Purnomo sambil jari telunjuknya menekan kalkulator dengan cepat, antara jari telinjuk dan jari tengahnya ada bolpen hitam tanpa tutup.

“Kemarin juga,Pak Karso biasanya bawa gandum sepuluh karung, kemarin cuma bawa dua karung,” Penjaga itu melanjutkan. Sejenak kemudian Pak Purnomo mengambil koran lokal berita utamanya ditulis dengan judul Limbah Pengaruhi Hasil Tani dan Nelayan. Pak Purnomo mengeluarkan kacamata plusnya yang berbentuk kotak. Ternyata limbah tidak hanya mempengaruhi pertanian di kabupaten itu, tetapi meluas hingga kabupaten lain, merusak tambak bahkan membuat warga terserang penyakit pernapasan akibat aroma air sungai yang kualitasnya buruk. Warga kabupaten sebelah berencana pindah ke desa lain yang masih asri dan jauh dari cerutu raksasa.

“Lha,apa hubungannya cerobong asap pabrik sama hasil panen?” Pak Purnomo heran.

Tetapi ia melanjutkan membaca lagi. Sekarang ia tahu bahwa menurut dosen geografi dari Universitas Indonesia, asap pabrik yang mengandung karbon dioksida dan karbon monoksida melayang hingga lapisan ozon dan bersenyawa dengan air hujan menghasilkan senyawa asam sulfat, asam nitrat, dan asam bikarbonat dan terjadilah hujan asam. Hujan asam sangat memepengaruhi air sungai, danau, dan sawah menjadi sangat asam dan merusak tanaman, bahkan logam serta berpotensi merusak biota air sungai. Sementara limbah pabrik yang bersifat merusak dikenal dengan istilah polutan. Namun sayang, para pemilik pabrik itu tidak mau diajak kompromi,mereka mengaku memilih desa itu untuk membuka pabrik karena sudah tidak ada lahan lagi di kota-kota besar.

Seusai membaca artikel yang sedikit menambah pengetahuannya itu, Pak Purnomo bergegas menerima uang dari penjaga KUD yang ramah itu semabari berucap sekecap kalimat terima kasih. Dalam perjalanan, ia memikirkan rencana untuk pindah ke kabupaten lain yang air dan udaranya masih bersih. Ia menimbang-nimbang. Karena seriusnya berpikir, sampai ia tersasar ke gang lain. Akrirnya ia mengambil keputusan untuk mengajak keluarga dan petani lain untuk pindah bersama rombongan dari kabupaten lain.

Le, besok, Hari Rabu,kita mau pindah ke kabupaten sebelah, Rumah ini nanti mau dijual. Kita beli rumah baru. Kita bertani di wilayah baru,” Namun ucapannya tak digubris oleh anaknya sendiri yang sedang asyik bermain kelereng. Kasihan, putranya tidak tahu betapa seriusnya masalah ini.

Lima hari berikutnya, ditemani fajar menyingsing, Pak Purnomo beserta keluarga dan ratusan petani senasib melakukan pindahan akbar dan melangkah ke kabupaten lain yang cukup jauh karena kabupaten yang dekat-dekat juga telah tercemar limbah. Sawah-sawah dan tambak tak layak pakai ditinggalkan. Dan mereka membuka lahan baru.

Tetapi kebahagiaan kaum tani dimulai, menjadi awal malapetaka bagi masyarakat yang ditinggal. Beras semakin langka di kabupaten yang ditinggalkan ras tani. Dan harga beraspun melinjak mahal sekali. Kemahalan beras membuat semua barang turut naik harga. Bahkan harga permen jahe dengan volume 1x1x0,5 cm pun menjadi dua ratus rupiah per biji. Beras yang dijual di kios-kios hanyalah beras bermutu rendah yang dibuat petani yang masih konsisten menggarap sawah di kabupaten itu, dimana mereka mengandalkan air polutan untuk menghidupi padinya, serta menyiram padinya denagn air hujan asam. Kenaikan semua harga ini menjadi headline terpanas dalam surat kabar, dan pabrik-pabrik ditudung sebagai penyebab semua ini.

Wilayah yang dulunya penuh tanaman dan tanah kosong untuk daerah serapan air hujan kini berubah total. Berbulan kemudian saat musimnya turun air dari langit, turunlah hujan dengan dahsyatnya. Semua yang ada di langit seperti ditimpakan ke bumi. Kumpulan air yang menjadi air bah itu tidak bisa dicegah lagi, sudah terlambat. Penyebabnya cukup mudah: wilayah resapan air digali, dimasukkan pondasi, dituutp semen, dan terciptalah pabrik. Air berwarana coklat sempurna menghalau orang-orang ke rumah dan memilih mengungsi ke rumah kerabat. Turut hanyut sampah, sandal, dan boneka yang tangannya hilang. Air bah itu juga merendam pabrik dan perkantoran, Lantas mesin-mesin pabrik konslet bahkan meledak, dokumen-dokumen yang penting dan mumpuni milik perkantoran lenyap, ribuan lusin kertas HVS pada pabrik kertas binasa, dan berliter-liter bahan pewarna batik disapu air membuat air banjir sedikit warna-warni.

Kejadian itu memjadi titik awal kesadaran beliau-beliau yang menjadi presiden direktur pabrik dan perkantoran. Mereka mengambil pelajaran dan kesimpulan dari semua ini. Mereka berikrar akan menyaring limbah pabrik sebelum dibuang, dan membatasi produksi agar tidak berlebihan. Mereka juga akan mengganti tanaman yang telah mereka rusak di wilayah lain, mencegah terjadinya fenomena pembangunan pabrik dan gedung lagi, serta tentunya menyejahterakan kaum tani.

Setahun kemudian tak tampak lagi polutan berwarna hijau bergelembung. Petani mau menggarap sawahnya lagi dengan air irigasi yang bening transparan. Produksi beras meningkat. Lalu bagaiman nasib Pak Purnomo? Ia memutuskan kembali ke kabupaten yang dulu, dan untung saja rumahnya yang lama belum terjual. Dan ia menggarap sawah lamanya. Ia memeluk putranya yang berumur sembilan tahun dan terjadilah tatapan mata. Pak Purnomo hanya mengucapkan satu kalimat:

“ Akhirnya semua selesai,” Tetapi anaknya bertanya: “Pak sebetulnya temen bapak yang namanya Riawan itu sekarang kabarnya bagaimana?”

“ Oh, sama seperti bapak, ia melanjutkan usaha ayahnya, yaitu pengrajin tanah liat yang sukses, makanya kamu jangan seperti bapakmu ini yang pekerjaannya hanya petani, jadi pekerja pabrik juga boleh, tapi pabrik ramah lingkungan ya atau juga mau jadi petani tetapi petani modern dan berkualitas,” Tiba-tiba terdengar suara dari para petani untuk mengajak Pak Purnomo pergi ke sawah.

Biografi Pencipta Rubik

Rubik Ernő lahir di Budapest , Hungaria , 13 Juli 1944, selama Perang Dunia II . His father, Ernő Rubik , was a flight engineer at the Esztergom airplane factory , and his mother, Magdolna Szántó, was a poet. [ 1 ] He graduated from the Technical University, Budapest ( Műszaki Egyetem ) Faculty of Architecture in 1967 and began postgraduate studies in sculpting and interior architecture . Ayahnya, Ernő Rubik , adalah seorang insinyur penerbangan di Esztergom pabrik pesawat , dan ibunya, Magdolna Szántó, adalah seorang penyair. [1] Ia lulus dari Universitas Teknik, Budapest (Műszaki Egyetem) Fakultas Arsitektur pada tahun 1967 dan mulai pascasarjana studi di memahat dan arsitektur interior . From 1971 to 1975 he worked as an architect , then became a professor at the Budapest College of Applied Arts ( Iparművészeti Főiskola ). Dari tahun 1971 hingga 1975 ia bekerja sebagai arsitek , kemudian menjadi seorang profesor di College Budapest Seni Terapan (Iparművészeti Főiskola).He has spent all his life in Hungary. Ia telah menghabiskan sepanjang hidupnya di Hongaria.

“Space always intrigued me, with its incredibly rich possibilities, space alteration by (architectural) objects, objects’ transformation in space (sculpture, design), movement in space and in time, their correlation, their repercussion on mankind, the relation between man and space, the object and time. I think the CUBE arose from this interest, from this search for expression and for this always more increased acuteness of these thoughts…” “Ruang selalu menggelitik saya, dengan kemungkinan yang sangat kaya, perubahan ruang oleh (arsitektur) obyek, obyek ‘transformasi dalam ruang (patung, desain), gerakan dalam ruang dan waktu, korelasi mereka, tolakan mereka pada umat manusia, hubungan antara manusia dan ruang, objek dan waktu saya pikir BATU timbul dari bunga ini, dari penelusuran ini untuk ekspresi dan ketajaman ini selalu lebih meningkat dari pikiran … “.

Rubik’s Cube Rubik’s Cube

In the early 1980s, he became editor of a game and puzzle journal called …És játék (“…and games”), then became self-employed in 1983, founding the Rubik Stúdió, where he designed furniture and games. Pada awal 1980-an, ia menjadi editor jurnal dan teka-teki permainan yang disebut … ES játék (“… dan permainan “), kemudian menjadi wiraswasta pada tahun 1983, mendirikan Studio Rubik, di mana dia mendesain furnitur dan permainan. In 1987 he became professor with full tenure; in 1990 he became the president of the Hungarian Engineering Academy ( Magyar Mérnöki Akadémia ). Pada tahun 1987 ia menjadi profesor dengan kepemilikan penuh; pada tahun 1990 ia menjadi presiden dari Akademi Teknik Hungaria (Magyar Mérnöki Akademia). At the Academy, he created the International Rubik Foundation to support especially talented young engineers and industrial designers. Di Akademi, dia menciptakan Internasional Rubik Foundation untuk mendukung insinyur muda khususnya berbakat dan desainer industri.

Presently he is mainly working on video game development and architectural topics and is still leading the Rubik Studios. Saat ini ia terutama bekerja pada video game pengembangan dan topik arsitektur dan masih memimpin Studios Rubik.

He is known to be an introvert and hardly accessible person, hard to contact or get for autographs. Ia dikenal menjadi orang yang introvert dan tidak dapat diakses, sulit untuk menghubungi atau mendapatkan tanda tangan. He typically does not attend speedcubing events. Dia biasanya tidak menghadiri speedcubing acara. However, he attended the 2007 World Championship in Budapest. [ 2 ] [ 3 ] He also gave a lecture and autograph session at the “Bridges-Pecs” conference (“Bridges between Mathematics and the Arts”) in July, 2010. [ 4 ] Namun, ia menghadiri Kejuaraan Dunia 2007 di Budapest. [2] [3] Dia juga memberikan tanda tangan dan sesi kuliah di Jembatan-Pecs “konferensi” (“Jembatan antara Matematika dan Seni”) pada bulan Juli, 2010. [4 ]

Rubik is a member of the USA Science and Engineering Festival ‘s Advisory Board. [ 5 ] Rubik adalah anggota dari Amerika Serikat dan Engineering Science Festival ‘s Dewan Penasehat. [5]

[ edit ] References [ sunting ] Referensi

  1. ^ International Who’s Who 2000 . ^ International Who’s Who 2000. Europa. Europa. 1999. 1999. pp. 1342. ISBN 1857430506 . hlm 1342. ISBN 1857430506 .
  2. ^ John Nadler, “Squaring Up to the Rubik’s Cube” , Time , October 09, 2007. ^ John Nadler, “mengkuadratkan Sampai Rubik’s Cube itu” , Waktu, 9 Oktober 2007.
  3. ^ “25 years on” Erno Rubik interview at the Rubik’s cube official website, retrieved 9th May 2010 ^ “25 tahun pada” wawancara Erno Rubik’s cube di website resmi Rubik tersebut, diambil 9 Mei 2010
  4. ^ “Bridges Conference” List of Plenary speakers, retrieved 26th July 2010 ^ “Jembatan Konferensi” Daftar speaker Pleno, diambil 26 Juli 2010
  5. ^ USA Science and Engineering Festival Advisors Retrieved 2010-07-05. ^ USA Sains dan Festival Penasehat Teknik Diperoleh 2010/07/05.

sejarah rubik 2

Kubus Rubik atau yang lebih dikenal sebagai Rubik’s Cube tercatat sebagai mainan yang terlaris dan terpopuler sepanjang masa serta hampir dimainkan diseluruh belahan bumi. Berdasarkan penelitian tentang Rubik’s Cubediperoleh fakta yang mencengangkan.

  • 1 dari 5 orang dewasa di Benua Eropa dan Amerika pernah memainkan Rubik’s Cube
  • Hanya 2 diantara 100 orang yang pernah memainkan Rubik’s Cube mampu menyelesaikannya.
  • Terdapat 43.252.003.274.489.856.000 ( 4.3 x 1019 ) kombinasi kemungkinan dalam sebuah Kubus Rubik standar 3x3x3 namun hanya terdapat 1 penyelesaian.
Rubik’s Cube diciptakan oleh Erno Rubik seorang Dosen di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest, Hungaria pada tahun 1974. Latar belakang Erno Rubik sebagai Arsitek dan ketertarikan nya akan bentuk geometry 3D membuatnya menciptakan Rubik Cube yang sangat terkait erat dengan struktur dan bentuk geometry.
VarianSepanjang catatan sejarah, telah diciptakan Kubus rubik dengan berbagai bentuk dan kombinasi, diawali dengan rancangan 3x3x3 kubus fleksibel yang dipatenkan pada tahun 1977, Di Jerman, pada tahun 1980 Rubik’s Cube mendapat penghargaan sebagai Games of The Year , pada tahun 1982 Rubik’s Cube menjadi kata tersendiri yang masuk dalam kamus the Oxf hingga pada tahun 2007 Rubik’s Cube dinobatkan sebagai The Coolest Brand in the World.

Multi_Rubik_CubeHingga kini Secara reguler World Cube Association (WCA) menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Kubus RUbik (World Rubik’s Cube Championship) untuk mengumpulkan para penggermar Rubik’s Cube di seluruh dunia dan untuk mencari pemecah rekor baru dari beberapa kategori pertandingan berdasarkan cara penyelesaiannya; kategori biasa (reguler), dengan satu tangan (one handed), dengan mata tertutup (blind folded) dan kategori penyelesaian dengan kaki (with feet).

Glowing_Rubik_CubeRubik’s Cube saat ini banyak digunakan di sekolah dan universitas untuk membantu menjelaskan partikel komplek fisika dan alogaritma matematika yang rumit, dan dengan berjalannya waktu, telah tercipta Kubus rubik dengan berbagai bentuk dan ukuran yang menakjubkan.

teknik awal menjelajah internet untuk pemula

Teknik Awal Menjelajah Internet Untuk Pemula

 

Kode-kode yang digunakan untuk menulis file-file informasi di internet disebuk kode HTML. Kode HTML bisa dibaca komputer jika komputer tersebut mempunyai program yang disebut Bowser. Browser berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode HTML menjadi sebuah halaman web. Informasi juga dapat disimpan dalam bentuk file-file dokumen.,seperti Word, Rich Text File, dan PDF. Juga bisa dalam bentuk gambar JPG dan GIF.

Browser yang paling banyak digunakan saat ini adalah Netscape Navigator ,Mozila dan Internet Explorer. Internet Explorer sudah tersedia pada komputer yang menggunakan Windows.

 

1. Menjalankan Browser

Browsing merupakan istilah dari kegiatan menjelajah internet dengan cara mengunjungi website. Langkah-langkah untuk menjalankan internet dapat dilakukan dengan dua cara:

A. Mengklik shortcut ikon internet yang diingankan atau

B. Klik menu Start, klik Program, pilih ikon internet

 

2. Bagian-bagian halaman Browser

 

Bagian-bagian dari jendela browser Internet Explorer dilengkapi scroll bar jika halaman web yang dibuka terlalu besar dan juga dilengkapi address bar. Bagian-bagian utamanya adalah sebagai berikut:

A. Title Bar

Disebut juga bar judul. Terdapat pada bagian paling atas dari sebuah halaman browser. Bagian kiri berisi judul halaman website yang sedang dibuka. Bagian kanan berisi tombol Minimize, Maximize, dan Close.

 

B. Menu Bar

Merupakan tempat menu yang terdapat pada jendela browser. Masing masing memilki fungsi tersendiri. Macamnya adalah:File, Edit, View, Favorites, Tools, dan Help.

C. Toolbar

Merupakan tombol-tombol perintah. Masing-masing tombol memilki fungsi tertentu dan hanya menjalankan sebuah perintah. Berikut adalah macam- macam tombol toolbar dan fungsinya:

 

Tombol Fungsi
Back Kembali ke website sebelumnya
Forward Kembali ke website berikutnya yang telah dibuka
Stop Menghentiksn proses pemanggilan (loading) sebuah halaman web
Refresh Mengulangi proses pemanggilan sebuah halaman web.
Home Kembali ke halaman pertama dari sebuah web
Search Menampilkan jendela pencarian
Favorites Menampilkan halaman web favorit
Media Menampilkan alamat web yang berhubungan dengan multimedia
History Menampilkan jandela yang berisi daftar halaman yang pernsh diakses.
E-mail Membaca E-mail dan berita
Print Mencetak halaman web yang sedang dibuka
Edit Menampilkan perintah pada halaman HTML untuk di edit

 

D. Address Bar

Adalah kotak teks tang digunakan untuk memasukkan alamat website yang ingin dikujungi. Tombol di bagian palin kanan berfungsi untuk menampilkan alamt-alamat website yang dikunjungi terakhir kali.

 

E. Status Bar

Terdapat di bagian paling bawah. Fungsinya unetuk menampilkan kemajuan proses yang sedang dilakukan pada saat mendownload sebuah halaman web.

 

F. Task Pane

Adalah jendela kecil yang muncul di bagian kiri jendela jika kita menklik Search, Favorite dan History.

3. Alamat Website

setiap website memilki alamt tertentu. Untuk memudahkan mengenali alamat website , biasanya penamaan alamat website sesuai dengan lembaga pemilik website itu. Contoh: http://www.kompas.com.

Alamat URL di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Protokol yang digunakan: http

2.Nama komputer host; www

3. Nama domainlevel kedua; kompas

4. Nama domain level pertama: .co.id

Sistem penamaan alamat website, sebuah halaman web, atau sebuagh file tertentu harus mudah dipahami, sehungga kita dapat mencoba mengkombinasi. Baca lebih lanjut

sekolah beasiswa

Sekolah SMART EI merupakan sekolah menengah beasiswa berasrama khusus untuk anak dhuafa berprestasi dari seluruh Indonesia dan merupakan sekolah akslerasi(SMP-SMA lima tahun). SMART mulai berdiri sejak 2004 di Bogor. SMART adalah sekolah khusus untuk anak-anak yang memiliki potensi yang amat baik tetapi memilki keterbatasan finansial. Hingga 2010,jumlah siswa yang merasakan program ini mencapai 236 siswa dari 27 provinsi

Hingga 2010, SMART  telah memilki 7 angkatan, dengan angkatan 1 dan 2 telah diwisuda dan 100% alumninya diterima di universitas  terbaik di Indonesia, seperi: UI, ITB, ITS, UNAIR, UNAN, UNHAS, dll. bahkan salah satu lulusan angkatan 1,M. Syokron Ramadhani be5rkesempatan mengikuti pertukaran pelajar selama satu tahun ke Belgia. . Siswa SMART diseleksi dari seluruh Indonesia,dan dipilih maksimal 40 orang penerima beasiswa yang akan dikirim ke Bogor. Alur seleksi dan tahapannya adalah: Pendaftaran, seleksi administrasi,seleksi kompetensi mata pelajaran matematika dan Bahasa Indonesia,Seleksi wawancara dan Psikologi, HomeVisit(mengunjungi rumah calon siswa),tes kesehatan, dan terakhir rapat penentuan akhir nasional.

Beberapa Prestasi:

1. Juara 1 penampilan musik Trashic di Gong Show.

2. Juara 3 Nasional Olimpade Sains Nasional Fisika

3. Juara 1Nasional Olimpiade Sains Nasional Biologi.

4. Juara 2 Nasional Indonesia Go Open Source(IGOS) tinkat Nasional.

5. Juara 1 Nasional Indonesia Go Open Source(IGOS) tingkat Nasional.

6. Juara 1 dan 2 Lomba painting OlympicPazia Samsung tinkat nasional

Info Lebih Lanjut: http://www.lpi-dd.net

Ditulis oleh: Iqro` Maa Filardzi, Siswa SMART kelas 2 dari Yogyakarta