Sejarah Rubik

rubik merupakan salah satu permainan otak terpopuler saat ini. Kubus yang terdiri dari 26 kubus kecil-kecil ini diciptakan oleh seorang arsitek asal Hungaria, Erno Rubik pada tahun 1976 saat ia berusia 29 tahun.Erno lahir di Budapest,Hungaria tahun 40-an. ia terkenal orang yang tertutup. bahkan ia hampir tidak pernah menghadiri kompetisi rubik dunia. Setelah rubik ditemukan, permainan ini langsung terkenal. bahkan Erno termasuk salah satu orang terkaya saat itu karena menciptakan rubik. Sebenarnya ada orang yang juga menciptakan rubik engan magnet,tetapi tidak ada pabrik mainan yang tertarik membuatnya.
Rubik mencapai titk populernya di awal tahun 80 an. bahkan dikatakan bahwa waktu itu setiap rumah di AS setidaknya memiliki satu buah rubik. Begitu diluncurkan, setiap orang berusaha memiliki dan memecahkannya. Karena populer, maka mulai diadakan berbagai kompetisi di Amerika, Kanada dan negara lain.Akhirnya kejuaraan dunia diadakan tanggal 5 Juni 1982 di Budhapest, ibukota Hungaria,tempat asal perminan ini. Juara dunia pertama adalah Minh Thai,seorang pelajar dari Thailand yang bersekolah di Amerika dengan catatan waktu 23 detik,disusul juara kedua dan ketiga,Guus razoux Schultz dan Zoltan Labas.
Setelah puluhan tahun,tidak diadakan kompetisi rubik dunia lagi dan tidak populer lagi karena orang merasa rekor 23 detik tidak mungkin dipecahkan lagi. Akhirnya kejuaraan dunia kedua diadakan di Toronto tahun 2003,dimenangkan oleh Dan Knight dengan waktu 20 detik. setelah itu,rubik memasuki masa tititk populernya. Induk organisasi rubik dunia Word Cube Association(WCA) didirikan oleh Ron Van Bruchem( Belanda), Tyson Mao (AS),dan Masayuki Akimoto(Jepang). Sementara induk Organisasi Indonesia,Nusantara Speedcubing Association didirikan Agustus 2009 dan diketiuai oleh Arif Yulian Nur yang juga pengurus Paguyuban Rubik Jogjakarta. Sampai saat ini telah banyak diadakan kompetisi rubik,dan Indonesia menjadi salah satu negara terbaik rubik dengan M. Iril Khairul Anam yang memegang rekor dunia kategori Multiple BLD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s